Monday, March 30, 2015

Bahan Makanan Alami Untuk Hilangkan Rasa Sakit Kepala

Memang tidak dapat dipungkiri bahwa sakit kepala menjadi penghambat dalam melakukan aktivitas, kerja otak yang tidak berjalan dengan semestinya akan terhambat karena rasa sakit kepala yang berlebihan. Dalam mengurangi rasa sakit kepala dapat dilakukan dengan berbagai cara misalnya dengan minum obat-obatan, istirahat, berbaring di tempat tidur, dan lain sebagainya dengan tujuan agar rasa sakit kepala tersebut menghilang, Sebenarnya rasa sakit kepala dapat timbul karena berbagai faktor seperti terkena stres, faktor cuaca, hormon tubuh, kurang makan serta tidur, dan postur tubuh malas yang sebenarnya beberapa faktor tersebut sering dialami beberapa orang yang memang suka melakukan hal-hal diatas.

Bahan Makanan Alami Untuk Hilangkan Rasa Sakit Kepala
Bahan Makanan Alami Untuk Hilangkan Rasa Sakit Kepala

Sakit kepala dapat timbul kapan saja dan di mana saja. Baik itu sakit kepala berat, maupun hanya sekadar migrain, tetap saja sakit kepala dapat mengganggu aktivitas bekerja atau sekolah. Sebaiknya Anda tak terlalu bergantung pada obat-obatan kimia untuk mengobati sakit kepala yang sebenarnya pengobatan sakit kepala dapat dilakukan dengan berbagai cara seperti halnya menggunakan bahan makanan alami, Berikut ini 7 bahan makanan alami yang efektif untuk meredakan sakit kepala :

Bahan Makanan Alami Untuk Hilangkan Rasa Sakit Kepala

1.Ikan

Ikan yang berlemak seperti tuna, salmon, dan makarel, sangat bermanfaat sebagai obat untuk sakit kepala karena kaya akan asam lemak esensial omega-3. Asam lemak ini dapat menghambat peradangan yang sering memicu timbulnya mmigrain. Jika tidak bisa mengonsumsi ikan ini setiap hari, Anda dapat menggantinya dengan suplemen minyak ikan.

2.Biji Wijen

Biji wijen kaya akan kandungan vitamin E yang dapat membantu menstabilkan kadar estrogen dan mencegah migrain selama periode tersebut. Selain itu, magnesium yang dikandung juga dapat membantu mencegah sakit kepala.

3. Semangka

Dehidrasi sebenarnya juga dapat menimbulkan sakit kepala. Karenanya, Anda perlu meminum banyak air dan mengasup makanan yang kaya akan air seperti semangka. Semangka juga mengandung magnesium sama seperti biji wijen.

4. Pisang

Tak hanya akan magnesium, pisang juga mengandung potasium. Magnesium dalam pisang dapat meringankan migrain dan sakit kepala akibat stres. Penelitian menunjukkan sekitar separuh dari penderita migrain memiliki magnesium terionisasi dalam darah hanya dalam jumlah yang sedikit.

5. Kentang

Sakit kepala juga dapat muncul karena hilangnya elektrolit seperti kalium. Oleh karenanya ada baiknya Anda mengonsumsi kentang yang akan kalium. Kandungan kalium dalam kentang yakni 100 gram.

6. Kopi

Kafein dalam kopi dapat bermanfaat sekaligus berbahaya bagi penderita sakit kepala. Jika sakit kepala, Anda dapat mengonsumsi kopi dalam jumlah sedikit. Bila berlebihan, sakit kepala justru makin kambuh. Sebaiknya tak lebih dari 3 cangkir per hari.

7. Biji-bijian Sereal

Jika Anda menjalani diet rendah karbohidrat, Anda akan mulai menguras sumber utama energi untuk otak, yakni cadangan glikogen. Selain itu juga menjadikan tubuh kehilangan cairan dengan cepat sehingga menyebabkan dehidrasi. Dehidrasi bersamaan dengan berkurangnya energi ke otak bisa memicu timbulnya sakit kepala.

Jika anda mengkonsumsi makanan-makanan karbo yang sehat seperti (biji-bijian seperti roti gandum, sereal gandum, oatmeal, dan buah), tidak hanya bisa mengusir rasa sakit pada kepala tetapi juga meningkatkan mood Anda.